Sejarah Fakultas Hukum dan Program Studi Universitas Yos Soedarso Surabaya

Universitas Yos Soedarso Surabaya adalah Perguruan Tinggi Swasta yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Yos Sudarso yang dipimpin oleh Bapak Kolonel (Purnawirawan) H. Bagoes Sasmito (almarhum) sebagai Ketua Yayasan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 070/0/1985 Universitas Yos Soedarso Surabaya menyelenggarakan 3 (tiga) Fakultas yaitu Fakultas Hukum, Ekonomi, dan Teknik.

Yos Soedarso merupakan nama seorang pahlawan bangsa yang gugur di medan perang lautan Aru, Jasanya akan selalu dikenang dengan dijadikan sebagai nama Perguruan Tinggi yang menanamkan nilai – nilai kepahlawanan. Universitas Yos Soedarso yang berada di jalan Dukuh Kupang Barat 1 Nomor 216 – 218 Surabaya. Letaknya cukup strategis dikelilingi jalan protokol yang menghubungkan daerah pertokoan dengan daerah pemukiman penduduk, sekolah, perkantoran, dan lain – lain.

Rana Pradata, M.S merupakan Ketua Umum Pengurus Yayasan Pendidikan Yos Sudarso Surabaya sebagai Badan Penyelenggara Universitas Yos Soedarso Surabaya dengan Akta Pendirian BP Nomor : 63 tanggal 28 Desember 2011 Notaris Rosida, SH dengan surat pencatatan dari Kemenkumham Nomor : AHU-179AH.04 Tahun 2012 tanggal 20 Januari 2012.

Pada tahun 2005 sampai dengan tahun 2013 Dekan Fakultas Hukum adalah Erwati, S.H., M.Hum. Pada tahun 2013 – 2017 Dekan Fakultas Hukum adalah Soertijat, S.H., M.Hum. dan Prehantoro, S.H.,M.Hum sebagai Ketua Program Studi. Sedangkan, pada tahun 2017 hingga sekarang Dekan Fakultas Hukum adalah Ruslin, S.H., M.H.